Kamis, 17 Juli 2014

Batik Unik dengan Sentuhan Modern

Posted by Unknown on 19.42 with No comments
Melihat sosok  anak muda yang cerdas, kreatif, dan mandiri, siapa yang tidak kagum? Begitupun ketika melihat sosok bernama Andena Hirma Putri.  Di usianya yang masih muda, ia telah memiliki bisnis sendiri di bidang batik. Kita semua pasti sudah mengenal batik, salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui dunia dan tercatat sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Batik yang dulu terkesan eksklusif karena dinilai hanya dapat digunakan pada saat-saat tertentu, kini kita telah menjumpai batik dikenakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari suasana formal maupun santai, dari yang muda hingga tua,  bahkan corak-corak batik pun kian beragam dan penuh warna.

Keinginannya untuk terjun di dunia bisnis batik tidak muncul begitu saja dalam dirinya. Sejak kecil Andena memang telah akrab dengan batik, sebab buyutnya adalah pendiri Yayasan Batik Priangan yang hingga kini tetap eksis, selain itu ia juga memiliki saudara pengrajin batik. Hal tersebut diakuinya telah membentuk karakter dirinya menjadi seorang wirausahawan yang unggul. Memiliki kecintaan pada batik dan kesempatan yang terbuka karena memiliki keluarga yang juga berkecimpung di dunia batik, menggerakannya untuk memanfaatkan peluang dengan terjun di bidang yang sama, hingga kini memiliki brand sendiri bernama Andena Batik.

Meskipun pebisnis batik telah banyak yang menggeluti, tidak menyurutkan semangatnya. Untuk dapat bersanding dengan produk-produk lain, finalis Wirausaha Muda Mandiri 2011 ini melakukan inovasi dengan membuat karakteristik tersendiri pada Andena Batik sehingga terciptalah batik yang eye catching, dengan warna-warna yang cerah  serta motif-motif yang  menarik, bahkan ada motif yang mengandung unsur cerita rakyat, jadi walaupun modern tetapi tetap tidak meninggalkan kelestarian budaya. Produk yang ditawarkan juga beragam, selain baju  ada juga aneka jenis sepatu, sandal, pashmina, dan aksesoris. Saat ini, produk-produk tersebut dapat dipesan melalui transaksi online di fanpage Andena Batik, twitter @andenabatik, akun instagram andenabatik, dan pinterest andenabatik.

Seperti bisnis pada umumnya, bisnis ini juga ada suka dukanya. Berbagai pengalaman telah ia rasakan bahkan ia pernah menjadi korban penipuan. Namun, ibarat kata pepatah pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman pahit itu tidak membuatnya menyerah justru ia jadikan pelajaran dan bangkit untuk terus berjuang membangun Andena Batik. Hal tersebut juga yang ia sampaikan kepada siapapun yang ingin berbisnis, yaitu untuk tidak patah semangat, terus berkarya, dan selalu melakukan inovasi.


0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung sara