Rabu, 17 Juni 2015

Imsak = Sahur Berakhir?

Posted by Unknown on 23.58 with No comments
Salah satu sunah dalam berpuasa Ramadan adalah menyegerakan berbuka dan mengakhirkan waktu sahur. Selama ini di beberapa kondisi dalam masyarakat kita, ada yang terbiasa mengakhirkan sahur pada waktu imsak (waktu diantara subuh dan sahur), karena menganggap imsak adalah batas akhir sahur dan waktu untuk mengawali puasa selanjutnya, benarkah demikian?

Yang jelas sahur adalah sunah dalam puasa. Dalam sahur ada keberkahan, untuk itu muslim yang berpuasa Ramadan sangat dianjurkan untuk melakukan amalan sahur. Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat dalam menjalani sahur, yaitu mengakhirkan sahur pada saat imsak telah datang. Imsyak adalah jeda waktu sekitar 15-10 menit sebelum waktu subuh tiba. Dalam Al-Qur’an telah tersurat,

“..Makan dan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu terbit fajar.” (QS. Al-Baqarah:187)

Benang hitam dan benang putih yang tersurat dalam ayat tersebut adalah perumpamaan untuk malam dan cahaya fajar (pagi).

Ayat ini menegaskan bahwa Allah memberikan izin untuk, makan, minum, dan jima’ sampai fajar telah terbit yaitu ditandai dengan datangnya waktu subuh. Dengan kata lain, waktu yang sebenarnya dianjurkan untuk mengakhirkan sahur adalah ketika adzan subuh berkumandang. Wallahu’alam.. ^_^ Have a blessed Ramadan, Everyone! 


0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung sara