Minggu, 29 Maret 2015

Waspadai Serangan Jantung, Meski Tak Memiliki Penyakit Jantung

Posted by Unknown on 23.04 with No comments
Sebuah kabar mengejutkan menghampiri saya ketika saya sedang asyik membuka facebook, kabar duka dari salah satu teman suami yang umurnya lebih muda dari suami saya. Beliau dikatakan telah meninggal dunia, berita tersebut mendapatkan respon bertubi-tubi dari banyak orang, semua orang tidak terkecuali saya, merasa terkejut dengan kepergiannya di usia muda. Tidak pernah terdengar sebelumnya bahwa beliau sedang mengidap penyakit, selama ini beliau diketahui sebagai orang yang sehat-sehat saja, serta memiliki segudang aktivitas. Usut punya usut teman suami ini terkena serangan jantung. Selain itu, sebelumnya saya juga baru saja mendapatkan kabar, seorang teman yang berada dalam daftar pertemanan di sosial media, baru saja kehilangan anaknya dikarenakan pergi menghadap sang pencipta untuk selama-lamanya di usia SMA, dan diduga juga akibat serangan jantung.

Mendengar kabar tersebut membuat saya sejenak merenung, setahu saya serangan jantung adalah gejala yang di alami oleh orang yang sudah tua, lemah, dan sakit-sakitan, bagaimana mungkin orang yang masih muda, segar bugar, serta tidak memiliki riwayat penyakit berat sebelumnya bisa terkena serangan  jantung? Saya pun menyelidiki tentang serangan jantung ini, banyak referensi yang bermunculan, tentang apa itu serangan jantung, ciri-ciri, penyebab, penanggulangan, termasuk banyaknya orang yang pernah terkena serangan jantung mulai dari orang awam hingga public figure seperti, artis dan pejabat. Dari berbagai artikel yang saya baca, menerangkan bahwa ada hal yang membedakan antara serangan jantung berbeda dengan penyakit jantung. Penyakit jantung adalah kondisi dimana jantung tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dikarenakan ada suatu sebab, seperti bawaan lahir, ada bagian yang tidak normal, dan sebagainya. Dalam kesehariannya, penderita penyakit jantung biasanya akan disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berlebihan yang memperberat kerja jantung, yang akan membuat kondisi tubuh menurun.  Sedangkan serangan jantung adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersumbat atau mengeras, entah karena lemak dan kolesterol, atau zat-zat kimia tertentu.  Baik penyakit jantung maupun serangan jantung tentu adalah hal yang harus kita waspadai, sebab jantung adalah pusat kehidupan.  Dewasa ini keduanya ternyata tidak memandang usia dan jenis kelamin, bahkan diantara kita mungkin sudah akrab mendengar dan membaca bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia, masihkah kita abai terhadap aset tubuh kita satu ini? Mari kita mulai menjaga jantung kita agar tetap sehat dan kuat. Beberapa hal yang dapat kita lakukan diantaranya adalah:
  
1. Menjalani pola hidup sehat, meliputi:

·         Makanan
Disadari atau tidak saat ini banyak penyakit timbul dari apa yang kita makan. Modernitas merambah berbagai hal, termasuk dalam hal makanan, semakin banyak pilihan jenis makanan. Kita pun dimanjakan dengan adanya berbagai macam makanan cepat saji, makanan instan, makanan berpengawet, dan bahan makanan yang sudah terkontaminasi dengan pestisida. Bijak dalam memilih makanan serta berhati-hati dengan keberadaan makanan yang mengandung zat-zat yang merupakan musuh bagi tubuh dan dapat mengganggu kesehatan. Pepatah bijak ini ada baiknya kita pegang “jadikanlah makanan sebagai obat, sebelum obat menjadi makananmu”. Selain itu penting juga untuk menghindari rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang.
·         Olah raga
            Padatnya rutinitas juga harus diimbangi dengan olah ragateratur agar tubuh bugar, zat-zat terbuang melalui keringat, otot-otot menjadi kuat dan peredaran darah lancar.
·         Istirahat
Tubuh bisa kita ibaratkan seperti mesin, mesin kehidupan tidak bisa kita paksa untuk bekerja terus menerus tanpa henti, berilah hak tubuh untuk beristirahat agar organ-organ tubuh dapat terjaga dengan baik.
·         Hidup bahagia dengan pikiran positif
Manusia tidak hanya terdiri dari raga saja, tetapi juga jiwa. Selain menjaga kesehatan raga juga harus menyehatkan jiwa, menjaga hati dari iri, dengki, dendam, menjadi pribadi pemaaf, dan penuh rasa syukur, tidak menjadikan masalah sebagai beban pikiran yang berlarut-larut serta rajin beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan yang menggenggam kehidupan kita, akan membuat hidup terasa ringan untuk dijalani.

2.   Menggali pengetahuan mengenai masalah kesehatan jantung.

Berbagai jenis masalah jantung sudah banyak kita jumpai jenisnya, ada penyakit jantung koroner, jantung lemah, gagal jantung, serangan jantung, dan lain-lain. Membekali diri mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jantung sangatlah penting. Setidaknya kita memiliki wawasan mengenai gejala atau ciri-ciri masalah jantung dan penanganannya, mengingat ada beberapa gejala yang hampir sama dengan penyakit lain, jika kita cermat maka akan lebih bisa memberikan penanganan yang tepat.

3.Terapi jantung
 
Tindakan preventif lain yang bisa dilakukan adalah dengan terapi jantung, terapi jantung bisa dilakukan sendiri, bisa juga pada ahlinya, yaitu salah satunya adalah dengan mengunjungi klinik terapi jantung. Akan lebih baik jika dilakukan keduanya, Jika kita lakukan dengan ahlinya kita memiliki kesempatan untuk bertanya, dan mengetahui kondisi jantung kita serta mendapatkan treatment yang tepat untuk mempertahankan kesehatan jantung.

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang, untuk itu sudah seharusnya kita pun berusaha menjaga diri dari hal-hal yang dapat menggangu kesehatan kita, mari jaga sehat kita sebelum datangnya sakit!


0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung sara